berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Survey Persepsi Anti Korupsi , Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Harian

HUT MA RI Ke 71 tanggal 19 Agustus 2016

HUT MA RI Ke 71 tanggal 19 Agustus 2016

Hari ini Jum’at 19 Agustus 2016 merupakan hari yang bersejarah bagi Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya memperingati Hari Jadi Mahkamah Agung RI yang ke 71, yang di Pimpin langsung Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu. dihalaman depan gedung Pengadilan Tinggi Bengkulu. Dengan diikuti oleh para Pimpinan Pengadilan Tinggi Bengkulu dan Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Hakim Tinggi, Ketua Pengadian Negeri Bengkulu, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bengkulu dan Ketua Pengadilan Agama Bengkulu dan para Pejabat dan seluruh pegawai pada lingkungan Pengadilan di Kota Bengkulu serta Pengurus dan anggota Dharmayukti Karini daerah Bengkulu.

Prosesi upacara diawali dengan penghormatan umum kepada Pembina Upacara kemudian laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara di lanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera.

Mengheningkan cipta di pimpin Pembina Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Pidato Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali yang dibacakan oleh Pembina Upacara yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu Bapak H.Wahjono, SH, M.Hum, yang menjelaskan sejarah Hari jadi Mahkamah Agung yang ditetapkan pada tanggal 19 Agustus seiring dengan pengangkatan Prof. Dr. Mr. R.S.E. Koesoemah Atmadja sebagai Ketua Mahkamah Agung RI yang pertama oleh Presiden Soekarno pada tanggal 19 Agustus 1945. Kemudian Hari Jadi ini diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI KMA/043/SSK/VIII/1999 tentang Penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung.

Dalam pidatonya juga menegaskan dalam era negara demokrasi modern saat ini, kepercayaan publik/masyarakat terhadap lembaga publik sangatlah penting. Kepercayaan masyarakat sebagai pemegang kedaulatan negara kepada lembaga peradilan sudah sepatutnya dibalas dengan kinerja yang amanah dengan menunjukkan kinerja yang profesional dan berintegritas.

Pada peringatan upacara Hari Jadi Mahkamah Agung yang Ke ““ 71, Pengadilan Tinggi Bengkulu memberikan santunan kepada 10 Yayasan Panti Asuhan di Kota Bengkulu, dan juga kepada beberapa Pensiunan Pengadilan Tinggi Bengkulu yang di serahkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa sensitivitas dan kepedulian sosial terhadap masyarakat.




«


NILAI IKMNILAI IPAK
ipak-triwulan-3-2023