berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Survey Persepsi Anti Korupsi , Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Harian

APRESIASI DAN HARAPAN YM KETUA MAHKAMAH AGUNG RI

APRESIASI DAN HARAPAN YM KETUA MAHKAMAH AGUNG RI

Seperti pepatah: Setiap pertemuan yang indah pasti akan berakhir dengan perpisahan, karena di dunia ini tidak ada yang abadi, kita hanya berharap semoga silaturahim tetap terjaga, itulah ungkapan yang dapat digambarkan pelaksanaan Munas IPASPI VII tahun 2023.

Bertempat di Auditorium Balitbang Diklat Kumdil MA – Megamendung Bogor, dengan didukung suasana ruangan yang modern, dan diselingi  tiupan angin yang sepoi-sepoi, pada Hari Jum’at tanggal 22 September 2023 berlangsung acara Penutupan Musyawarah Nasional IPASPI VII tahun 2023 yang  dipimpin oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI.

Acara diawali dengan  Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, yang dinyanyikan penuh semangat oleh semua yang hadir,  dilanjutkan pembacaan Susunan Pengurus Pusat IPASPI tahun 2023-2026  (New IPASPI) oleh Ketua Panitia Munas, selanjutnya  dilakukan Pengukuhan Pengurus oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI.

Dengan penuh kewibawaan, dan jiwa kebapakan, YM Ketua Mahkamah Agung RI mengawali pengarahannya dengan mengobarkan semangat, mengajak peserta mengucapkan Yel-yel IPASPI …jaya, jaya, Integritas ..terjaga …membuat suasana menjadi semarak dan penuh keakraban. Beliau dengan penuh bahagia menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas pelaksanaan Munas IPASPI VII ini yang berjalan dengan baik dan sukses serta on time, dikarenakan selama beberapa tahun ini Kepengurusan dan Kegiatan IPASPI terjadi kekosongan/vakum.  Hal ini sesuai dengan harapan YM Ketua Mahkamah Agung RI yang disampaikan beliau pada waktu pembukaan Munas IPASPI pada Hari Kamis tanggal 20 September 2023, agar Munas berjalan dengan baik, dan selesai tepat waktu.

Apresiasi disampaikan YM Ketua Mahkamah Agung  dengan telah terbentuk Susunan Pengurusan Pusat  IPASPI tahun 2023 – 2026, dan diiringi dengan tersenyum beliau berkata telah mendengar banyaknya ide dan usulan yang terkait karir dan kesejahteraan dari hasil Munas ini. Terhadap hal ini beliau  memberikan apresiasi dengan mensimbolkan 2 (dua) jempol, hal ini menunjukkan bahwa IPASPI ini demikian dinamis dan hidup.  Dan yang menarik, YM Ketua Mahkamah Agung untuk membuat suasana lebih cair dan lebih akrab, dalam sambutannya beliau  sering menggunakan isitilah anak-anak kepada peserta Munas, yang disambut dengan sorak sorai dan  gembira oleh peserta Munas.

IPASPI sebagai salah satu organisasi resmi Mahkamah Agung, disamping IKAHI, PTWP dan Dharma Yukti Karini, yang mempunyai jumlah anggota yang demikian besar, diharapkan oleh beliau, apabila disatukan potensinya  ibarat kumpulan alat musik yang dimainkan dengan teratur/baik,  akan   menghasilkan harmoni musik yang indah, insyaAllah akan menjadi kekuatan yang mampu mendukung terwujudnya Peradilan Indonesia yang agung, dan untuk kebaikan dan kepentingan organsasi dalam mewujudkan ASN yang berahlak, menerapkan 8 (delapan) nilai utama Mahkamah Agung,  serta dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya, dengan motornya Pengurus IPASPI yang didukung anggotanya, dan ditegaskan oleh beliau jangan ada perpecahan. (kalau boleh diibaratkan dengan istilah lain seperti pepatah : bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh).

YM Ketua Mahkamah Agung, menekankan perlunya segera konsolidasi dan koordinasi dengan baik, dan diingatkan agar kepada segenap anggota IPASPI  tetap menjaga integritas,  karena bila ada nila setitik maka akan rusak susu sebelanga, apabila seorang anggota berbuat tercela, maka semua anggota/organisasi akan merasakan dampak negatifnya. (dengan istilah lain : tidak ikut makan nangka, tapi kena getahnya)

Harapan beliau lainnya, agar ide dan usulan dari organissi IPASPI segera disampaikan kepada Pimpinan Mahkamah Agung untuk dipertimbangkan/dibicarakan, dan diingatkan setiap ide atau usulan dikonsultasikan lebih dahulu dengan Pimpinan Mahkamah Agung, setelah disetujui barulah di publikasikan ke pihak lain sebagai bagian dari ide atau pemikiran dari Mahkamah Agung.

Selain itu, beliau juga mengharapkan organisasi IPASPI selain berjuang untuk kepentingan internal/Mahkamah Agung, IPASPI bisa berperan aktif dan memberikan kontribusi nyata, serta  kepedulian sosial terhadap  masyarakat yang memerlukan.

Sebagai akhir pengarahan YM Ketua Mahkamah Agung berpesan agar sebagai organisasi yang modern selalu memanfaatkan secara optimal tehnologi informasi untuk koordinasi dan konsolidasi, sehingga jarak yang jauh antara Pengurus IPASPI dan anggota bukan menjadi halangan untuk bersinergi dan menjalankan organisasi, (kalau boleh diibaratkan seperti  pepatah jauh di mata namun tetap dekat di hati) Dan beliau mendo’akan agar Organisasi IPASPI saat ini menjadi lebih baik dan sukses mewujudkan cita-citanya…..aamiin.

Pengarahan YM Ketua Mahkamah Agung ditutup dengan yel.yel…

IPASPI…jaya, Integritas…terjaga.

Terima kasih kepada YM Ketua Mahkamah Agung RI atas apresiasi dan dukungannya……semoga IPASPI dapat mewujudkannya …aamiin Salam IPASPI….PASTI!…Profesional, Akuntabel, berintegritaS, Transparan dan Inovatif. 


Penulis,

HNuursaanii.




«


NILAI IKMNILAI IPAK
ipak-triwulan-3-2023