logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

Dokumen Elektronik Zona Integritas

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Berita Mahkamah Agung

Berita Mahkamah Agung

Berikut ini adalah berita terbaru Mahkamah Agung Republik Indonesia

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Iduladha 1441 H, Mahkamah Agung Ri Potong 51 Hewan Kurban

      jakarta " Humas : Sekretaris Mahkamah Agung, A.s.pudjoharsoyo,s.h.,m.hum, Membuka Acara Penyerahan Hewan Kurban Pada Iduladha Tahun Ini. Penyembelihan Hewan Kurban Sebanyak 39 Ekor Sapi Dan 12 Ekor Kambing Ini Dilakukan Di Halaman Parkir Timur Gedung Mahkamah Agung, Senin (3/8/2020).

      dalam Sambutannya Sekretaris Mahkamah Agung, Menyampaikan Bahwa Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban Di Ma Dalam Perayaan Iduladha 1441 H Ini Diharapkan Kita Semua Dapat Meneladani Dengan Pikiran, Hati Dan Keimanan Kisah Nabi Ibrahim Khususnya Putranya Ismail Yang Dengan Sabar Mematuhi Perintah Allah Swt.

      tahun 2020 Ini Penyembelihan Hewan Kurban Dilaksanakan Bekerja Sama Dengan Koperasi Pusat Ma Dan Koperasi Peternak Sapi Di Bali. Penyembelihan Sudah Dimulai Dari 01.00 Wib Dan Hingga Pagi Ini Masih Ada Empat Hewan Kurban Yang Nanti Akan Diserahkan Secara Simbolis Kepada Ketua Ma. Daging Hewan Kurban Akan Dibagikan Kepada 1555 Warga, Baik Di Lingkungan Ma, Beberapa Pengadilan, Dan Beberapa Pondok Pesantren Yang Menjadi Mitra Mahkamah Agung (ma), Tutur A.s. Pudjoharsoyo

      ketua Mahkamah Agung, Dr.h.m. Syarifuddin, S.h.,mh Juga Mengucapkan Terima Kasih Kepada Pihak-pihak Yang Telah Menyerahkan Kurbannya Kepada Ma Untuk Disembelih Bersama Di Ma, Dan Juga Saya Mengingatkan Hari Ini Ialah Hari Tasyrik Terakhir, Maka Hewan Kurban Harus Segera Dibagikan Sebelum Ashar Tambahnya.

      penyembelihan Hewan Kurban Di Tengah Pandemi Covid-19 Ini Tentunya Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan Dengan Memakai Masker Dan Menjaga Jarak. (humas).

    • Ketua Mahkamah Agung Resmikan Ruang Ptsp, Ptsp Online, Bank Data, Call Center Dan Aplikasi Vision Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama

      jakarta " Humas : Ketua Mahkamah Agung Dr. H.m Syarifuddin, Sh.,mh Meresmikan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp), Ptsp Online, Bank Data, Call Center Dan Aplikasi Vision Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Pada Hari Ini, Selasa (28/7/2020) Bertempat Diruang Badilag Command Center Lt 7 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jakarta.

      dalam Sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Mengatakan Bahwa Peresmian Yang Dilakukan Oleh Badan Peradilan Agama (badilag) Ini Merupakan Suatu Bukti Dimana Ada Tantangan, Maka Disana Ada Semangat. Tantangan Kita Dimasa Pandemic Covid-19 Yaitu Mampu Berkerja Keras Untuk Membuat Terobosan Yang Inovatif Melaui It.

      ptsp On Line Badilag Salah Satu Prasyarat Dalam Zona Integritas, Sehingga Dapat Menunjukkan Bahwa Informasi Teknologi (it) Dapat Digunakan Sebaik Baiknya Dalam Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Bagi Pencari Keadilan. Saya Berhadap Agar It Dapat Dimanfaatkan Dengan Baik Dan Menjadi Perhatian Yang Besar Bagi Para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Dan Tingkat Banding. Dengan It Yang Baik, Kita Memberikan Pembinaan Dan Pelayanan, Sehingga Kita Dapat Menyerap Ilmu Yang Cepat Dari Pimpinan Mahkamah Agung Di Jakarta, Sedangkan Kalua Tidak Peduli Dengan It, Maka Akan Tertinggal / Tergilas Oleh Perubahan Zaman, Tutur Mantan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial.

      orang " Orang Yang Berada Dibelakang It Harus Mempunyai Kemampuan Dan Keinginan Untuk Memberikan Pelayanan Yang Cepat Kepada Para Pencari Keadilan, Jika Orang "orang Dibelakang It Tidak Mempunyai Keinginan Memberikan Pelayanan Yang Cepat, Maka Ptsp On Line Tidak Ada Artinya Sama Sekali, Ungkap Syarifuddin.

      terakhir, Ketua Mahkamah Agung Mengajak Seluruh Aparatur Peradilan Untuk Bersama Sama Satukan Tekad, Bulatkan Niat Dan Satukan Langkah Bahwa Kita Bisa Melakukan Terobosan Melalui It Dengan Cepat Dan Tepat.

      selesai Acara Peresmian, Ketua Mahkamah Agung Beserta Para Pimpinan Ma Meninjau Dan Melihat Langsung Ruang Ptsp Dan Call Center Yang Berada Dilantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jakarta. Acara Yang Berlangsung Dibadilag Command Cente Ini Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I Mahkamah Agung Dan Para Ketua Pengadilan Agama Tingkat Pertama Dan Banding Melalui Zoom Meeting. (humas)

    • Ketua Mahkamah Agung Menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Keuangan Mahkamah Agung Dari Bpk

      jakarta " Humas : Ketua Mahkamah Agung Dr. M. Syarifuddin, Sh., Mh Menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (lhp) Atas Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2019 Dari Badan Pemeriksa Keuangan (bpk), Pada Hari Kamis (23/7/2020) Bertempat Diruang Ketua Mahkamah Agung.

      laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2019, Diserahkan Langsung Oleh Anggota Iii Bpk Dr. Achsanul Qasasi, Csfa Kepada Ketua Mahkamah Agung. Hadir Pada Penyerahan Tersebut, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Dr. Sunarto, Sh., Mh, Sekretaris Mahkamah Agung A. S. Pudjoharsoyo, Sh., M.hum Dan Kepala Biro Keuangan H. Sahwan, Sh., Mh. (humas)

    • Ketua Mahkamah Agung Pimpin Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara Secara Virtual

      jakarta " Humas : Ketua Mahkamah Agung Dr. H.m Syarifuddin, Sh.,mh Pimpin Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara Dr. H. Muslimin Simar, Sh., Mh. Secara Virtual Pada Hari Ini, Kamis (23/7/2020) Bertempat Diruang Ketua Mahkamah Agung, Jakarta.

      dalam Sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Mengatakan Bahwa Untuk Yang Ketiga Kalinya, Prosesi Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tingkat Banding Ini Kita Lakukan Secara Daring Melalui Perangkat Media Virtual. Transformasi Digital Dalam Kegiatan Semacam Ini Penting Kita Lakukan Dalam Rangka Mematuhi Dan Menjalankan Protokol Pencegahan Covid-19, Yang Mana Salah Satu Wujudnya Adalah Dengan Melakukan Pembatasan Perjalanan Dinas Keluar Daerah Demi Menjaga Keselamatan Dan Kesehatan Kita Bersama. Kendati Demikian, Saya Berharap Semoga Kesakralan Prosesi Ini Tidak Berkurang Sedikit Pun, Dan Kita Semua Dapat Mengikutinya Secara Hidmat.

      rangkaian Seremoni Yang Kita Lakukan Pada Hari Ini Merupakan Acara Yang Sangat Monumental Dan Bernilai Historis Bagi Bapak Dr. H. Muslimin Simar, Sh., Mh. Setelah Lebih Kurang 4 Tahun Mengemban Tugas Dan Amanah Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara, Hari Ini Sampailah Beliau Pada Fase Akhir Massa Pengabdiannya Dengan Selamat. Wisuda Purnabakti Pada Hakekatnya Adalah Prosesi Untuk Memberi Penghargaan Atas Pengabdian Seorang Ketua Pengadilan Tingkat Banding Dalam Menjalankan Tugasnya Sebagai Garda Depan Mahkamah Agung, Karena Peran Seorang Ketua Pengadilan Tingkat Banding Sangatlah Strategis Terutama Dalam Pengawasan Dan Pembinaan Hakim Dan Aparatur Peradilan Di Bawah Mahkamah Agung Dalam Wilayah Tugasnya, Tutur Syarifuddin

      bapak Dr. H. Muslimin Simar, Sh., Mh Telah Mendedikasikan Lebih Dari Separuh Usianya Untuk Lembaga Peradilan. Perjalanan Karir Beliau Selama 40 Tahun Berdinas, Baik Sebagai Pegawai, Hakim Maupun Pimpinan Diwilayah Timur Indonesia Merupakan Bukti Pengabdian Dan Loyalitas Yang Tulus Bagi Bangsa Dan Negara. Dalam Rentang Waktu Tersebut, Tentu Tidak Sedikit Ujian Dan Tantangan Yang Dihadapi, Dengan Segala Keterbatasan Akses, Akomodasi Maupun Fasilitas, Beliau Berhasil Menjalankan Tugas Dengan Sebaik " Baiknya Hingga Akhir Masa Jabatan. Tentunya Semua Itu Tidak Lepas Dari Pengabdian Yang Didasarkan Pada Keiklasan. Bagi Seorang Hakim, Keiklasan Dalam Bekerja Merupakan Motor Penggerak Yang Membuatnya Terus Bersemangat Dalam Bekerja, Sekaligus Menjadi Tameng Yang Membentenginya Dari Segala Godaan, Ungkap Mantan Ketua Kamar Pengawasan.

      diakhir Sambutannya Ketua Mahkamah Agung Berpesan Bahwa Masa Purnabakti Akan Mengakhiri Rutinitas Kedinasan, Tapi Bukan Berarti Kehilangan Kesempatan Untuk Terus Mengabdi Dan Berkarya. Rutinitas Sebagai Hakim Untuk Memeriksa Dan Memutus Perkara Memang Telah Berakhir, Namun Tugas Kepada Keluarga, Masyarakat Dan Negara Tidak Akan Berakhir. Oleh Kerana Itu Sebagai Anggota Korp Hakim Dan Warga Peradilan Saya Harap Agar Tetap Terjalin Komunikasi Dan Tali Silahturahmi Dengan Insan Jajaran Pengadilan Dan Mahkamah Agung.

      wisuda Purnabakti Virtual Ini Dihadiri Oleh Ketua Kamar Agama Dan Direktur Jendral Badan Peradilan Agama. (humas)

    • Sebanyak 220 Peserta Mengikuti Ujian Tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap Xiii Tahun 2020 Di 27 Wilayah Provinsi

      akarta " Humas : Mahkamah Agung Hari Ini (15/7/2020) Secara Serentak Menyelenggarakan Seleksi Ujian Tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap Xiii Tahun 2020, Yang Di Ikuti Oleh 220 Peserta Yang Terdiri Dari Peserta Tingkat Banding Sebanyak 102 (seratus Dua) Orang Dan Peserta Tingkat Pertama Sebanyak 118 (seratus Delapan Belas) Orang, Tersebar Di 27 Wilayah Ibu Kota Provinsi. Dalam Ujian Tertulis Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap Xiii Kali Ini, Para Peserta Wajib Memakai Masker, Membawa Hand Sanitizer, Menjaga Jarak Serta Konsisten Mematuhi Protokol Kesehatan Demi Memutus Mata Rantai Penularan Virus Covid - 19.

      ujian Seleksi Tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Ini Meliputi : Essai (sesi Pertama) Dimulai Pukul 08.30 " 10.30 Waktu Setempat, Dan Membuat Putusan (sesi Kedua) Dimulai Pukul 11.00 " 17.00 Waktu Setempat. (humas)