berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Survey Persepsi Anti Korupsi , Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Harian

Berita Mahkamah Agung

Berita Mahkamah Agung

Berikut ini adalah berita terbaru Mahkamah Agung Republik Indonesia

  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Tingkatkan Pelayanan Bagi Pencari Keadilan, Ketua Ma Resmikan 51 Gedung Pengadilan Baru

      tanjung Pinang-humas: Pembangunan Gedung Pengadilan Merupakan Upaya Terus Menerus Yang Dilakukan Oleh Mahkamah Agung Untuk Meningkatkan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Rangka Mewujudkan Pelayanan Yang Prima Terhadap Pencari Keadilan. Untuk Itu Saya Berharap, Semoga Kehadiran Gedung-gedung Baru Ini Turut Membawa Spirit Baru Bagi Aparatur Peradilan Agar Lebih Bersemangat Dalam Melaksanakan Tugas Dan Pelayanan Kepada Masyarakat. Saya Tidak Menginginkan Hanya Gedungnya Saja Yang Baru, Tapi Semangat Aparaturnya Tidak Turut Diperbaharui.

      hal Ini Disampaikan Oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Dalam Peresmian Operasional 13 Pengadilan Tingkat Banding Baru Dan 38 Gedung Pengadilan Tingkat Pertama, Pada Hari Senin, 5/12/2022, Di Halaman Gedung Pengadilan Negeri Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

      lebih Lanjut, Prof Syarifuddin Berharap Kepada Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding Yang Baru, Agar Mempersiapkan Diri Untuk Menata Semua Keperluan, Agar Pengadilan Tingkat Banding Yang Baru Dapat Beroperasi Dengan Baik. Begitu Juga Kepada Wakil Ketua, Hakim Tingkat Banding Yang Baru, Maupun Unsur Kepaniteraan Dan Kesektariatan, Yang Telah Ditetapkan Bertugas Di Pengadilan Tingkat Banding Yang Baru, Juga Agar Mempersiapkan Diri Untuk Melaksanakan Tugas Masing-masing Di Tempat Tugas Yang Ditunjuk, Tentu Di Bawah Koordinasi Ketua Pengadilan Tingkat Banding Yang Bersangkutan.

      di Kesempatan Yang Sama, Sekretaris Mahkamah Agung Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.h., M.h Menyatakan Komitmen Mahkamah Agung Dalam Melaksanakan Pembangunan Dan Peningkatan Pelayanan Peradilan Secara Berkelanjutan Tanpa Henti Merupakan Upaya Untuk Mengimbangi Dinamika Permasalahan Dan Harapan Masyarakat Terhadap Lembaga Peradilan Yang Tidak Pernah Surut. Hal Ini Sejalan Dengan Ungkapan Dari Tokoh Dunia John F Kennedy: Life Is Never Easy. There Is Work To Be Done And Obligations To Be Met - Obligation To Truth, To Justice, And To Liberty. Hidup Tidak Pernah Mudah. Ada Pekerjaan Yang Harus Dilakukan Dan Kewajiban Yang Harus Dipenuhi - Kewajiban Terhadap Kebenaran, Keadilan Dan Kebebasan.

      sementara Itu, Gubenur Kepulauan Riau Mengatakan Sebagai Salah Satu Wilayah Strategis Yang Ada Di Indonesia Tentunya Provinsi Kepulauan Riau Menghadapi Tantangan Yang Tidak Mudah, Terutama Untuk Tindak Kriminalitas Seperti Perampok, Penyelundupan, Narkoba Dan Kejahatan Lainnya. Oleh Sebab Itu, Kehadiran Pengadilan Tinggi Dikepulauan Riau Sangat Dibutuhkan Sebagai Langkah Keadilan Di Wilayah Hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia Yang Sekaligus Langkah Penguatan Bagi Wilayah Perbatasan.

      di Akhir Sambutan Ketua Mahkamah Agung Mengutarakan Terkait Proses Pelimpahan Dan Penyelesaian Perkara Banding Di Pengadilan Tingkat Banding Yang Baru, Saya Harap Para Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding, Baik Di Satker Induk Maupun Di Satker Baru, Serta Seluruh Aparaturnya, Agar Berkoordinasi Dengan Baik, Dengan Memperhatikan Dan Memedomani Ketentuan Yang Diatur Dalam Pasal 5 Dan Pasal 6 Yang Terdapat Dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2021 Untuk Pengadilan Tinggi Agama, Undang-undang Nomor 9 Tahun 2021 Untuk Pengadilan Tinggi, Dan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2021 Untuk Pengadian Tinggi Tata Usaha Negara.

      berikut Adalah Daftar Pengadilan Yang Baru Diresmikan Oleh Ketua Mahkamah Agung:

      lingkungan Pengadilan Tingkat Banding

      Pt Kepulauan Riau Pta Kepulauan Riau Pt Kalimantan Utara Pta Kalimantan Utara Pt Sulawesi Barat Pta Sulawesi Barat Pt Papua Barat Pta Papua Barat Pta Bali Pt Tun Palembang Pt Tun Banjarmasin Pt Tun Manado Pt Tun Mataram

      lingkungan Peradilan Umum

      Pengadilan Negeri Cikarang Pengadilan Negeri Blangpidie Pengadilan Negeri Suka Makmue Pengadilan Negeri Sei Rampah Pengadilan Negeri Pulau Punjung Pengadilan Negeri Teluk Kuantan Pengadilan Negeri Pangkalan Balai Pengadilan Negeri Gedong Tataan Pengadilan Negeri Pulang Pisau Pengadilan Negeri Penajam Pengadilan Negeri Melonguane Pengadilan Negeri Belopa Pengadilan Negeri Lasusua Pengadilan Negeri Namlea Pengadilan Negeri Mukomuko Pengadilan Negeri Koba Pengadilan Negeri Mentok

      lingkungan Peradilan Agama

      Mahkamah Syar'iyah Suka Makmue Pengadilan Agama Sei Rampah Pengadilan Agama Pulau Punjung Pengadilan Agama Prabumulih Pengadilan Agama Pringsewu Pengadilan Agama Mesuji Pengadilan Agama Sukadana Pengadilan Agama Penajam Pengadilan Agama Lolak Pengadilan Agama Ampana Pengadilan Agama Belopa Pengadilan Agama Malili Pengadilan Agama Lasusua Pengadilan Agama Namlea Pengadilan Agama Kepahiang Pengadilan Agama Suwawa

      lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara

      Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkal Pinang

      renovasi Gedung

      Pengadilan Negeri Sungguminasa Pengadilan Agama Bajawa Ptun Jakarta Pn Marabahan

      acara Peresmian Ini Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I Ma, Gubenur Kepulauan Riau, Forkopinda Kepulauan Riau, Walikota Tanjung Pinang, Bupati Bintan, Pejabat Eselon Ii Ma Dan Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding Yang Diresmikan Pengoperasiannya, Serta Seluruh Ketua/kepala Pengadilan Tingkat Banding Seluruh Indonesia Yang Mengikuti Secara Virtual. (pn/azh/photo:yrz)

    • Ketua Ma Resmikan Festival Akbar Baca Al-qurn Braile Dan Zikir Bersama 1000 Tunanetra Untuk Satu Indonesia

      jakarta-indonesia: Di Sela-sela Kesibukannya Sebagai Ketua Mahkamah, Prof. Dr. Syarifuddin Menyempaatkan Diri Untuk Membuka Secara Resmi Festival Akbar Baca Al-qurn Braile Da Zikir Bersama 1000 Tunanetra Untuk Satu Indonesia Pada Kamis Pagi, 1 Desember 2022 Di Masjid Istiqlal, Jakarta.

      acara Yang Diselenggarakan Oleh Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (itmi) Ini Diikuti Oleh Ribuan Tunanetra Yang Berasal Dari Jabodetabek.

      dalam Sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Menyampaikan Bahwa Muslim Yang Mencintai Dan Mengamalkan Al-qurn Akan Mendapatkan Cahaya Di Dunia Dan Di Akhirat.

      pada Kesempatan Tersebut, Ia Juga Menjelaskan Bahwa Akses Terhadap Keadilan Merupakan Hak Dasar Bagi Setiap Manusia, Termasuk Juga Bagi Penyandang Disabilitas. Untuk Itu Mahkamah Agung Dan Empat Lingkungan Peradilan Di Bawahnya Memastikan Bahwa Sistem Peradilan Dapat Diakses Dan Digunakan Oleh Semua Orang Termasuk Penyandang Disabilitas, Yaitu Dengan Mengakomodir Kebutuhannya Baik Dalam Hal Sarana-prasarana, Prosedur Hukum, Dan Lainnya Sehingga Penyandang Disabilitas Mendapatkan Kemudahan Ketika Beracara Atau Menerima Layanan Di Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya. Ia Menyampaikan Bahwa Ke Depannya Mahkamah Agung Berencana Akan Menyiapkan Komputer Dengan Huruf Braile Agar Bisa Diakses Oleh Para Kawan Netra.

      hadir Pada Acara Ini Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia H.arief Pribadi, Sekretaris Jenderal Tunanetra Muslim Indonesia Yogi Masduni, Syeikh Muhammad Jaber, Dan Undangan Lainnya. (azh/rs)

    • Lantik 21 Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Kma Berpesan Integritas Merupakan Kunci Yang Akan Menentukan Baik Dan Buruknya Wajah Lembaga Kita

      jakarta - Humas : Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h., Mengambil Sumpah Jabatan Dan Melantik 21 Ketua Pengadilan Tingkat Banding Pada 3 Lingkungan Peradilan Di Bawah Mahkamah Agung Yaitu Lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama Dan Peradilan Tata Usaha Negara, Bertempat Di Ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung Lantai 14 Jakarta, Pada Rabu 30 November 2022.

      pelantikan Ini Berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia,nomor:

      339/kma/sk/xi/2022 Tanggal28 November2022.

      340/kma/sk/xi/2022 Tanggal28 November2022.

      342/kma/sk/xi/2022 Tanggal28 November2022.

      dalam Sambutannya Prof. Dr. H. Syarifuddin, S.h.,m.h Mengatakan Dalam Struktur Peradilan Indonesia, Jabatan Sebagai Seorang Ketua Pengadilan Tingkat Banding Merupakan Level Kepemimpinan Strategis Yang Memiliki Pengaruh Besar Dalam Menentukan Baik Buruknya Citra Organisasi Peradilan. Sebab, Pengadilan Tingkat Banding Menjalankan Fungsi Kawal Depan (voor Post) Mahkamah Agung Di Daerah, Yang Bertanggaung Jawab Mengawasi Jalannya Pelayanan Peradilan Di Tingkat Pertama, Sekaligus Membina Perilaku Dan Etika Aparatur Peradilan Dalam Melaksanakan Tugas.

      mencermati Perkembangan Dan Situasi Yang Terjadi Akhir-akhir Ini, Di Mana Lembaga Kita Tengah Mendapat Sorotan Yang Cukup Tajam Dari Publik, Izinkan Saya Di Kesempatan Yang Baik Ini Untuk Menyampaikan Beberapa Amanat Untuk Para Pimpinan Tingkat Banding Yang Dilantik Hari Ini, Untuk Melindungi Semua Aparatur Dan Hakim-hakim Kita Dari, Kesempatan Datangnya Orang-orang Yang Tidak Bertanggung Jawab Masuk Ke Gedung Pengadilan, Ungkap Syarifuddin..

      mantan Kepala Badan Pengawasan Ini Juga Berpesan Kepada Para Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding Yang Baru Saja Dilantik, Juga Kepada Seluruh Hakim Dan Aparatur Peradilan Di Seluruh Indonesia,integritas Merupakan Kunci Yang Akan Menentukan Baik Dan Buruknya Wajah Lembaga Kita. Memelihara Integritas Adalah Harga Mati, Tanpa Integritas, Kehormatan Kita Yang Akan Mati!

      dirinya Berharap Pesan Yang Telah Disampaikan Dapat Diresapi Dan Dilaksanakan Dengan Sebaik-baiknya Dan Seikhlas-ikhlasnya.

      acara Pelantikan Ini Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Para Ketua Kamar, Pejabat Eselon I Dilingkungan Mahkamah Agung Serta Kepala Biro Hukum Dan Humas,dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat.

      adapun 21 Kepala Pengadilan Tingkat Banding Yang Dilantik Sebagai Berikut:

      Dr. Erwin Mangatas Malau, S.h., M.h., Jabatan Lama, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Kepulauan Riau Fredrik Willem Saija, S.h., M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Utara Mas Hushendar, S.h., M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung H. Ade Komarudin, S.h., M.hum., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Dr. Hery Supriyono, S.h., M.hum., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat Dr. Hj. Nirwana, S.h., M.hum., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Barat Drs. H. Makmun, S.h., M.h., Jabatan Lama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung Drs. H. Nur Khazim, M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Drs. H. M. Shaleh, M.hum., Jabatan Lama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bali Drs. Ilham Abdullah, S.h., M.kn., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang Drs. H. M. Nahiruddin, S.h., M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat Dr. H. M. Sutomo, S.h., M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Riau Dr. H. Chazim Maksalina, M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Utara Dr. Hj. Rokhanah, S.h., M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado Drs. H. Achmad Hanifah, M.hes., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Barat Dr. H. Lutfi, S.h., M.h., Jabatan Lama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya Dr. Drs. Khaeril R, M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Didik Andy Prastowo, S.h., M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Mataram A. Syaifullah, S.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Palembang H. Iswan Herwin, S.h., M.h., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makassar, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Banjarmasin Dr. Santer Sitorus, S.h., H.hum., Jabatan Lama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya, Jabatan Baru, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Manado. (enk/pn/photo:sno).
    • Tiga Puluh Tujuh Tahun Hidup Di Ranah Hukum, Iskandar Paputungan Akhirnya Jalani Purnabakti

      jakarta - Humas : Hari Ini, Kita Bersama-sama Menyaksikan Suatu Upacara Monumental, Sebagai Penanda Berakhirnya Masa Bakti Dan Kedinasan Salah Seorang Rekan Sejawat Kita, Yaitu Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.h., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado., Setelah Mendedikasikan Hidupnya Selama 37 Tahun Di Ranah Hukum Dan Keadilan. Tak Ada Kata Yang Dapat Kita Ucapkan, Selain Ucapan Selamat, Sekaligus Terima Kasih Karena Telah Membersamai Kita Bersama-sama Mengabdi Di Lembaga Yang Kita Cintai Ini, Ujar Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h.,m.h Mengawali Sambutannya Pada Acara Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Pada Rabu 29 November 2022, Bertempat Di Ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung Lantai 14 Jakarta.

      lebih Lanjut Kma Mengatakan, Prestasi Puncak Inilah Yang Telah Diraih Oleh Bapak Drs. H. Iskandar Paputungan, M.h. Setelah Mempersembahkan Darma Bakti Yang Cukup Panjang, Akhirnya Beliau Sukses Mengakhiri Masa Pengabdian Tanpa Meninggalkan Rekam Jejak Negatif. Hal Ini Tentu Saja Merupakan Suatu Catatan Heroisme Yang Patut Diteladani, Khususnya Oleh Para Hakim Peradilan Agama.

      syarifuddin Juga Mengucapkan Terima Kasih Atas Kehadiran Gubernur, Ketua Dprd Dan Forum Forkopimda Provinsi Sulawesiutara Dalam Acara Ini. Hal Ini Merupakan Pertanda Adanya Hubungan Dan Kerjasama Yang Baik Antara Lembaga Ekskutif, Legislatif Dan Yudikatif Di Sulawesi Utara, Ungkapnya.

      mengakhiri Sambutannya, Kma Berpantun;

      kota Tomohon Jalannya Basah

      berangkat Pagi Menuju Bitung

      walau Sebentar Lagi Kita Akan Berpisah

      namun Silaturahmi Tetap Disambung

      acara Purnabakti Yang Berjalan Penuh Khidmat Ini, Dihadiri Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I Di Lingkungan Mahkamah Agung, Serta Gubernursulawesi Utara, Ketua Dprd Dan Forum Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara. (enk/pn/photo:adr)

    • Aksi Nyata Mahkamah Agung Terhadap Warga Peradilan Dan Warga Cianjur Yang Terkena Dampak Gempa Di Cianjur

      cianjur-humas: Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Mengunjungi Cianjur Pada Selasa, 29 November 2022. Kunjungan Ini Merupakan Aksi Nyata Dari Kepedulian Mahkamah Agung Terhadap Warga Peradilan Dan Warga Cianjur Yang Terdampak Gempa. Pada Kesempatan Tersebut Ketua Mahkamah Agung Didampingi Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Tun, Panitera Mahkamah Agung, Sekretaris Mahkamah Agung,kepala Biro Hukum Dan Humas, Ketua Umum Ikahi, Ketua Umum Dharmayukti Karini, Dan Lainnya.

      pada Kempatan Tersebut Ketua Mahkamah Agung Bertemu Langsung Dengan Warga Peradilan Yang Terdampak Gempa. Rombongan Juga Meninjau Langsung Gedung Pengadilan Negeri Cianjur Dan Pengadilan Agama Cianjur Yang Terdampak Gempa.

      beberapa Bagian Bangunan Pengadilan Negeri Cianjur Yang Terdampak Gempa Adalah Ruang Sidang, Ruang Arsip, Genting-genting Yang Menggeser Bahkan Hampir Jatuh, Dan Tembok-tembok Yang Retak. Menyikapi Hal Tersebut, Pengadilan Negeri Cianjur Memiliki Ruang Sidang Sementara Yang Terbuat Dari Tenda.

      mahkamah Agung Bekerja Sama Dengan Ikatan Hakim Indonesia (ikahi) Dan Dharmayukti Karini Memberikan Bantuan Berupa Uang Sejumlah Kurang Lebih 567 Juta. Uang Tersebut Diberikan Kepada Warga Peradilan Dan Warga Cianjur Yang Terdampak Gempa.

      untuk Warga Peradilan, Bantuan Diterima Langsung Oleh Yang Mereka Yang Terdampak Gempa, Sedangkan Bantuan Untuk Warga Cianjur Diwakili Oleh Petuga Dari Pemerintah Daerah Cianjur Dan Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (basarnas) Cianjur. (azh/rs/photo:sno)






NILAI IKMNILAI IPAK
ikm-triwulan-3-2022 ipak-triwulan-3-2022