berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Survey Persepsi Anti Korupsi , Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Harian

Berita Badilum

Berita Badilum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dampingi Ketua Mahkamah Agung Tinjau Lokasi Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Tanjungpandan

      pembangunan Gedung Pengadilan Baru Di Daerah Merupakan Contoh Upaya Mahkamah Agung Dalam Meningkatkan Akses Pelayanan Bagi Pencari Keadilan. Salah Satu Gedung Yang Sedang Dibangun Saat Ini Adalah Gedung  pengadilan Negeri Tanjungpandan, Bertempat Di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

      pada Hari Senin, 20 Mei 2024, Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H.m Syarifuddin, S.h., M.h. Berkenan Meninjau Langsung Kemajuan Pembangunan Gedung  pengadilan Negeri Tanjungpandan. Dalam Kunjungan Ini Beliau Didampingi Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Ketua Pengadilan  tinggi Bangka Belitung, H. Suwidya, S.h., Ll.m Dan Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Patanudin, S.h., M.h.

      gedung Baru Pengadilan Negeri Tanjungpandan Ini Akan Digunakan Untuk Menggantikan Gedung Sementara Yang Saat Ini Digunakan. Meski Saat Ini Masih Menggunakan Gedung Sementara, Jajaran Pegawai Dan Pejabat Pengadilan Negeri Tanjungpandan Tetap Berkomitmen Memberikan Pelayanan Sebaik Mungkin.   

    • Bangkit Untuk Indonesia Emas, Ditjen Badilum Ikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional

      turut Mendukung Dan Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-116, Mahkamah Agung Ri Melaksanakan Upacara Bendera Pada Tanggal 20 Mei 2024. Bertempat Di Gedung Mahkamah Agung Ri, Upacara Ini Diikuti Oleh Seluruh Pejabat Dan Pegawai Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Sekretariat Mahkamah Agung, Termasuk Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Upacara Dipimpin Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, Ym Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Dan Berlangsung Dengan Khidmat. Penyelenggaraan Upacara Ini Diharapkan Dapat membawa Nilai-nilai Semangat Dan Kekuatan Untuk Bangkit Menuju Indonesia Emas.sebagaimana Tema Yang Diusung Pada Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024, Yaitu "bangkit Untuk Indonesia Emas"

    • Hadirkan Kppn Jakarta Vi, Ditjen Badilum Sosialisasikan Kebijakan Baru Perjalanan Dinas Dan Pengelolaan Anggaran

       untuk Pelaksanaan Keuangan Negara Yang Lebih Baik, Kementerian Keuangan Telah Membuat Peraturan Baru Agar Pelaksanaan Perjalanan Dinas Dan Pembayaran Yang Lebih Tepat Sasaran Dan Transparan. Menyikapi Kebijakan Terbaru Ini, Maka Sekretariat Ditjen Badilum Mengadakan Sosialisasi Dengan Mengundang Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (kppn) Jakarta Vi Selaku Mitra Pengelolaan Keuangan.

      sosialisasi Kebijakan Kementerian Keuangan Kali Ini Diadakan Di Ruang Command Center Ditjen Badilum Pada Hari Senin, 20 Mei 2024. Hadir Sebagai Narasumber Istianah, S.e., M.s.i., Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Penyelia Kppn Jakarta Vi. Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum Mengikuti Kegiatan Ini Bersama Para Pengelola Keuangan, Pejabat Pembuat Komitmen Dan Pejabat Struktural Pada Ditjen Badilum

      dua Aturan Pokok Yang Dibahas Dalam Kegiatan Ini Adalah Peraturan Mentari Keuangan Nomor 62 Tahun 2023 Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Serta Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan, Dan Peraturan Mentari Keuangan Nomor 119 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113 Tahun 2012 Tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, Dan Pegawai Tidak Tetap.

      materi Yang Dibahas Termasuk Rencana Peluncuran Aplikasi Perjalanan Dinas, Untuk Memantau Pelaksanaan Perjalanan Dinas Maupun Perjalanan Pindah (mutasi) Pejabat, Serta Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (kkp) Untuk Mempermudah Pembayaran. Proses Pembayaran Biaya Mutasi Ini Sangat Penting Karena Ditjen Badilum Bertanggung Jawab Atas Pelaksanaan Dan Pembayaran Mutasi Bagi Para Hakim, Panitera Dan Tenaga Teknis Peradilan.

    • Ditjen Badilum Akan Terus Tingatkan Layanan Administrasi Kepegawaian Untuk Kepaniteraan Peradilan Umum

      sebagai Bentuk Pelayanan Prima, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Selalu Berusaha Memberikan Pelayanan Terbaik Pada Tenaga Teknis Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri. Meski Banyak Kendala Yang Dihadapi, Layanan Ini Akan Selalu Ditingkatkan Kualitasnya.

      hal Ini Disampaikan Dalam Kegiatan Sosialisasi Layanan Administrasi Kepegawaian Tenaga Teknis Kepaniteraan Peradilan Umum, Yang Dipimpin Langsung Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum. Hasanudin S.h., M.h Dengan Didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak Dr. Yapi, S.h., M.h. Kegiatan Ini Berpusat Di Pengadilan Tinggi Pontianak Pada 13 S.d 16 Mei 2024 Yang Juga Diikuti Oleh Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Seluruh Indonesia Secara Daring (online).

      layanan Utama Kepegawaian Untuk Kepaniteraan Yang Selama Ini Diberikan Ditjen Badilum Adalah Promosi Dan Mutasi Kepaniteraan Serta Kenaikan Pangkat. Sementara, Layanan Pendukung Yang Juga Diberikan Ditjen Badilum Adalah Persetujuan Pengangkatan Juru Sita Pengganti, Pencantuman Gelar, Surat Tugas Belajar Biaya Mandiri, Pensiun Bup Dan  Janda/duda Serta Surat Izin Ke Luar Negeri. 

      untuk Menyikapi Berbagai Kendala Di Satuan Kerja, Terutama Kekurangan Tenaga Kepaniteraan Di Daerah Akibat Kurangnya Rekrutmen Serta Besarnya Jumlah Pegawai Yang Pensiun, Berhenti Dan Meninggal, Maka Saat Ini Ditjen Badilum Juga Tengah Melakukan Beberapa Upaya. Misalnya Penyusunan Usulan Revisi Pola Promosi Dan Mutasi Kepaniteraan, Pengusulan Peningkatan Kesejahteraan Dan Penyetaraan Eselonisasi Tenaga Kepaniteraan.

      selain Melakukan Sosialisasi Administrasi Layanan Kepegawaian Tenaga Teknis Kepaniteraan, Pada Kegiatan Ini Ditjen Badilum Juga Mengadakan  rapat Koordinasi Tim Promosi Mutasi Ditjen Badilum Dengan Tim Baperjakat Pengadilan Tinggi Pontianak Serta Analisis Beban Kerja Dan Pengukuran Kinerja Tenaga Teknis Kepaniteraan Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Pontianak.

    • Ditjen Badilum Adakan Diseminasi Penegak Hukum Dalam Penyelesaian Perkara Untuk Wilayah Provinsi Lampung

      dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Aparat Penegak Hukum Dan Pemantapan Pelaksanaan Tugas"tugas Peradilan, Ditjen Badilum Kembali Adakan Diseminasi Penegak Hukum Dalam Penyelesaian Perkara. Kali Ini, Kegiatan Diseminasi Untuk Penegak Hukum Di Wilayah Lampung Dilaksanakan Di Hotel Grand Mercure Lampung, Pada 14 S.d 16 Mei 2024

      kegiatan Diseminasi Penegak Hukum Dalam Penyelesaian Perkara Ini Dibuka Langsung Oleh Langsung Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Hasanudin S.h., M.h Dengan Didampingi Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Asnahwati, S.h., M.h. Dan Ketua Pengadilan Negeri Tanjungkarang Lingga Setiawan, S.h., M.h.

      kegiatan Diseminasi Penegak Hukum Kali Ini Menghadrikan Narasumber:

      1. Dr. Catur Iriantoro, S.h., M.hum, (hakim Tinggi Pada Pengadilan Tinggi Bandung), Dengan Materi Ulasan Mengenai Rancangan Peratuan Mahkamah Agung Tentang Eksekusi

      2. Tavip Dwiyatmiko., S.h., M.h, (panitera Pengadilan Tinggi Jakarta), Dengan Materi Kendala Eksekusi Dan Penyelesaiannya

      selain Dihadiri Para Panitera, Panitera Muda Perdata Dan Panitera Pengganti Dari Pengadilan Negeri Di Wilayah Lampung, Kegiatan Diseminasi Penegak Hukum Ini Juga Dihadiri Oleh Peserta Dari Biro Hukum Provinsi Lampung Dan Kepolisian Resor Kota Lampung.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kunjungi Pn Serang, Pn Rangkasbitung Dan Pn Pandeglang

      dalam Rangkaian Kegiatan Di Provinsi Banten, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Mengadakan Kunjungan Kerja Ke Pengadilan Negeri Serang, Pengadilan Negeri Rangkasbitung Dan Pengadilan Negeri Pandeglang Pada Selasa, 07 Mei 2024. Kunjungan Ini Untuk Memantau Kinerja Satuan Kerja Di Daerah Dalam Memberikan Pelayanan Pencari Keadilan.

      dengan Didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Serang, Nelson Angkat, S.h., M.h., Pada Kunjungan Ini Dirjen Badilum Memberikan Pembinaan Kepada Pejabat Dan Pegawai Pengadilan Negeri Serang Serta Meninjau Ruang Sidang Utama Cakra.

      kemudian Dirjen Badilum meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Di Pengadilan Negeri Rangkasbitung, Dengan Didampingi Oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Rangkasbitung, Herman Siregar, S.h., M.h. Beliau Juga memeriksa Ruangan Kerja Hakim, Panitera Pengganti, Dan Para Pegawai Serta Bertemu Dengan Para Hakim Dan Pegawai.

      pada Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Pandeglang, Dirjen Badilum Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pandeglang Joni Mauluddin Saputra, S.h., Menyapa Para Petugas Ptsp. di Pengadilan Negeri Pandeglang, Dirjen Badilum Menyempatkan Berdiskusi Untuk Mengetahui Kondisi Layanan Pencari Keadilan. pada Akhir Kunjungan, Dirjen Badilum Berfoto Bersama Dengan Para Pejabat Dan Pegawai Pengadilan Negeri Pandeglang, Serta Para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Banten Yang Turut Hadir.

    • Sosialisasi Perma Nomor 1 Tahun 2023

    • Tingkatkan Kebersamaan Dan Semangat Kerja Sama, Ditjen Badilum Adakan Character Building Untuk Pegawai

      kekompakan Atau Solidaritas Adalah Salah Satu Nilai Yang Menjadi Fondasi Dalam Membentuk Organisasi Yang Harmonis Dan Produktif. Ketika Setiap Pejabat Dan Pegawai Dapat Bekerja Sama Dan Saling Melengkapi Satu Sama Lain, Maka Tujuan Organisasi Akan Dapat Tercapai. Menyadari Pentingnya Kekompakan Sebagai Kunci Utama Kesuksesan, Maka Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kembali Mengadakan Kegiatan Character Building Untuk Para Pejabat Dan Pegawai. Untuk Tahun 2024 Ini, Kegiatan Character Building Diadakan Di Aston Hotel Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Pada Tanggal 6-8 Mei 2024.

      kegiatan Ini Diikuti Para Pejabat Dan Pegawai Ditjen Badilum, Dipimpin Langsung Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h Beserta Para Pejabat Eselon Ii. Dalam Kegiatan Ini Para Pejabat Dan Pegawai Melakukan Berbagai Kegiatan Dan Permainan Untuk Mengasah Kecermatan Dan Kerja Sama, Serta Agar Terbentuk Kekompakan Tanpa Melihat Pangkat Dan Jabatan.

      dengan Kegiatan Ini, Pejabat Dan Pegawai Juga Diharapkan Dapat lebih Bersemangat Dan Termotivasi Untuk Menghadapi Tantangan Yang Mungkin Dihadapi Dalam Pelaksanaan Tugas Sehari-hari.

    • Ditjen Badilum Lakukan Evaluasi Terhadap Capaian Dan Kegiatan Selama Triwulan I Tahun 2024

      setelah Melewati Triwulan I Tahun Anggaran 2024, Banyak Kegiatan Dan Capaian Yang Telah Didapatkan Oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Untuk Melihat Sejauh Mana Keberhasilan Maupun Kendala Yang Dihadapi, Ditjen Badilum Melaksanakan Evaluasi Kinerja Triwulan I, Berlangsung Pada Hari Senin, 06 Mei 2024 Bertempat Di Aston Hotel Anyer. Evaluasi Ini Merupakan Rangkaian Dari Kegiatan Ditjen Badilum Di Provinsi Banten.

      pada Kegiatan Ini, Para Pejabat Eselon Ii Menyampaiakan Hasil Kegiatan Tiap Unit. direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum zahlisa Vitalita S.h., M.h., direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum hasanudin S.h., M.h., sekretaris Ditjen Badilum kurnia Arry Soelaksono, S.e, S.h., M.hum., masing-masing Memaparkan Programnya. Kegiatan Ini Dihadiri Pula Oleh Direktur Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h.

      pada Tiga Bulan Pertama Tahun Anggaran Ini, Misalnya, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum telah Melakukan Berbagai Bimbingan Teknis Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Pencari Keadilan. Bimbingan Teknis Ini Meliputi Bimbingan Teknis Perempuan Berhadapan Dengan Hukum, Bimbingan Teknis Keadilan Restoratif (restoratif Justice) Dan Focus Group Discussuin (fgd) Tentang Kepaniteraan.

      sementara Itu, direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Telah Menyelenggarakan Bimingan Teknis Pelayanan Disabilitas Dan Juga Tengah Melakukan Penyempurnaan Terhadap Aplikasi Lentera (pelayanan Terpadu Elektronik) Yang Digunakan Oleh Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Indonesia.

      sekretariat Ditjen Badilum Sebagai Unit Pendukung (supporting Unit) Telah Menyediakan Dukungan Berupa Penganggaran Serta Pengadaan Sarana Pendukung, Serta Layanan Kepegawaian Dan Organisasi Kepada Unit Eselon Ii Yang Lain.

      diharapkan Dengan Evaluasi Kinerja Triwulan I Ini, Pelaksanaan Kegiatan Pada Triwulan-triwulan Berikutnya Dapat Elbih Efektif Dan Efisien, Sehingga Berhasil Mencapai Visi Ditjen Badilum Untuk Mewujudkan Peradilan Umum Yang Agung.

    • Majalah Dandapala Volume X/edisi 58 Maret-april 2024

    • Pemanggilan Peserta Kegiatan Diseminasi Penegak Hukum Dalam Penanganan Perkara Di Lingkungan Peradilan Umum Tahun 2024

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      blangko Biodata Peserta Diseminasi.pdf 139 Kb25
      jadwal Acara Diseminasi.pdf 84 Kb22
      pemanggilan Peserta Diseminasi.pdf 143 Kb65
      st Peserta Diseminasi.pdf 362 Kb90
    • Pengumuman Hasil Uji Kepatutan Dan Kelayakan Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ia Khusus Dan Ia T.a. 2024

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      hasil Uji Kepatutan Dan Kelayakan Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ia Khusus Dan Ia T.a. 2024.pdf 16 Kb173
    • Bersama Ustaz Adi Hidayat, Ditjen Badilum Laksanakan Halalbihalal Dengan Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Se-indonesia

      menyemarakkan Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Kegiatan Halalbihalal Dan Silaturahmi Ini Pada Hari Selasa, 30 April 2024 Di Ruang Command Center Ditjen Badilum. Kegiatan Ini Dibuka Langsung Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h. M.h. Dan Menghadirkan Penceramah Ustaz Dr. (h.c.) Adi Hidayat, Lc., M.a.

      tausiyah Yang Diberikan Kepada Warga Peradilan Kali Ini Memiliki Tema Dengan Semangat Halalbihalal, Kita Perkuat Silaturahmi Dan Bangun Kebersamaan Untuk Mewujudkan Peradilan Bermartabat. Kegiatan Halalbihalal Ini Diikuti Secara Online Oleh Para Ketua, Wakil Ketua, Pejabat Dan Pegawai Dari Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Seluruh Indonesia.

      hadir Secara Langsung Mengikuti Halalbihalal Ini Para Pejabat Di Lingkungan Peradilan Umum, Termasuk Ketua Pengadilan Tinggi Banten Dr. Andriani Nurdin, S.h., M.h., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Pontas Effendi, S.h., M.h., Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Zahlisa Vitalita S.h., M.h., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Hasanudin S.h., M.h., Sekretaris Ditjen Badilum Kurnia Arry Soelaksono, S.e, S.h., M.hum., Serta Para Ketua Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Di Jakarta Dan Sekitarnya.

      para Pejabat Dan Pegawai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Yang Mengikuti Kegiatan Ini Menyimak Dengan Penuh Perhatian Materi Yang Disampaikan.

      kegiatan Halalbihalal Dan Silaturahmi Ini Diakhiri Dengan Doa Bersama Serta Pemberian Santunan Dan Bingkisan Kepada Anak Yatim Piatu Dari Tpq Al Hasanah. Bantuan Kepada Anak Yatim Diberikan Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Didampingi Ustaz Dr. (h.c.) Adi Hidayat, Lc., M.a., Para Pejabat Ditjen Badilum Serta Para Pimpinan Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Yang Hadir Dalam Kegiatan Halalbihalal Ini.

    • Tingkatkan Layanan Kalangan Rentan, Ditjen Badilum Selenggarakan Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas Di Makassar

      kalangan Rentan Seperti Penyandang Disabilitas Sering Mengalami Kesulitan Dalam Mendapatkan Pelayanan, Termasuk Layanan Keadilan. Oleh Karena Itu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Secara Rutin Mengadakan Bimbingan Teknis Untuk Meningkatkan Pemahaman Aparat Hukum Di Pengadilan.

      untuk Tahun Anggaran 2024 Ini, Bimtek Disabilitas Kembali Diadakan Di Swiss " Bellhotel Makassar, Pada Hari Rabu-jumat, 24-26 April 2024. Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas Ini Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Zahlisa Vitalita, S.h., M.h.,  bersama Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.h., M.hum. Dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Makassar Andi Baso K, S.h.

      kegiatan Ini Diikuti Para Ketua Pengadilan Negeri Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Di Wilayah Sulawesi Selatan.

      bimbingan Teknis Ini Menghadirkan Narasumber Yaitu:

      Eliza Octavianti Rogi, S.pd, Ketua Umum Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrom (potads) Drs. Gufron Sakaril, M.m. Dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (ppdi), Dan Dr. Husnul Khotimah, S.h., M.h., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto.

      diharapkan Dengan Bimbingan Teknis Ini, Para Pimpinan Pengadilan Negeri Di Sulawesi Selatan Dapat Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Para Penyandang Disabilitas Di Satuan Kerja Masing-masing.

    • Dukung Pelayanan Publik Yang Prima, Dirjen Badilum Resmikan Renovasi Ptsp Dan Media Center Pengadilan Negeri Cianjur

      pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Merupakan Pelayanan Secara Terintegrasi Dalam Satu Kesatuan Proses, Dimulai Dari Tahap Awal Sampai Dengan Tahap Penyelesaian Produk Pelayanan Pengadilan Melalui Satu Pintu. Ptsp Bertujuan Untuk Mewujudkan Proses Pelayanan Yang Cepat, Mudah, Dan Transparan Sesuai Dengan Standar Yang Telah Ditetapkan Demi Memberikan Pelayanan Yang Prima, Akuntabel, Dan Anti Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme Bagi Masyarakat Pencari Keadilan. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Memberikan Perhatian Khusus Terhadap Ptsp, Karena Ptsp Merupakan Wajah Pertama Lembaga Peradilan. Oleh Karena Itu, Pada Hari Senin, 29 April 2024, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Secara Langsung Meninjau Dan Meresmikan Ptsp Dan Juga media Center Pada Pengadilan Negeri Cianjur. Acara Tersebut Juga Dihadiri Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Catur Iriantoro, S.h., M.hum.

      kedatangan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Rudita Setya Hermawan, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Hera Polosia Destiny, S.h., M.h., Beserta Seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Cianjur. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Berpesan Agara Pengadilan Negeri Cianjur Harus Terus Mempertahankan Pelayanan Prima Bagi Para Pencari Keadilan Dan Menjaga Marwah Lembaga Peradilan Setelah Peresmian Ptsp Dan media Center Ini. 

    • Pengumuman Pengiriman Surat Keputusan Promosi Dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Tanggal 27 Maret 2024

      bagi Nama - Nama Yang Surat Keputusannya Belum Terlampir Pada Pengumuman Ini Harap Segera Mengunggah E-lhkpn / E-lhkasn Ke Dalam Aplikasi Sikep Paling Lambat 7 (tujuh) Hari Sejak Pengumuman Ini Ditayangkan Dan Dapat Mengkonfirmasi Melalui Narahubung Berikut :

      1. Fuad Fachriza, S.h., M.h. (082113999023) 2. Zubair, S.h. (08128311587)
      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pengiriman Sk Tpm 27 Maret 2024_sign.pdf 176 Kb182
    • Dorong Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif, Ditjen Badilum Selenggarakan Bimtek Bagi Hakim Di Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang

      demi Mendorong Peningkatan Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kembali Menggelar Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum. Bimbingan Teknis Kali Ini Diselenggarakan Bagi Para Hakim Di Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang Dan Dilaksanakan Di Purwokerto Pada Tanggal 23 S.d. 25 April 2024. Kegiatan Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Dengan Didampingi Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Ketua Pengadilan Tinggi Semarang, H. Charis Mardiyanto, S.h., M.h. Sebagai Tuan Rumah, Dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Sebagai Salah Satu Narasumber Mewakil Kelompok Kerja Keadilan Restoratif Mahkamah Agung Ri. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Menyampaikan Agar Para Peserta, Yang Terdiri Dari Hakim Di Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang, Dapat Mengikuti Bimbingan Teknis Ini Dengan Baik Sehingga Dapat Meningkatkan Kemampuan Para Hakim Dalam Menyelesaikan Perkara Dengan Menerapkan Keadilan Restoratif. Selain Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Turut Hadir Sebagai Narasumber Adalah Dr. Eva Achjani Zulfa, S.h., M.h. (wakil Direktur Sekolah Kajian Strategik Dan Global Universitas Indonesia), Kompol. Agustinus David, S.sos., M.h. (kanit Iii Subdit Iv Renakta Polri), Dan Erni Mustikasari, S.h., M.h. (jaksa Agung Muda Kejaksaan Agung Ri). Masing-masing Narasumber Membahas Mengenai Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif, Mulai Dari Tahap Penyidikan Dari Kepolisian Hingga Tahap Penyelesaian Oleh Para Hakim.

    • Pemanggilan Peserta Tambahan Seleksi Uji Kepatutan Dan Kelayakan/fit And Proper Test Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ia Khusus Dan Ia

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      tambahan _surat Pemanggilan Peserta Fit Ia 2024_sign.pdf 162 Kb29
    • Undangan Halalbihalal Dan Silaturahmi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      undangan Zoom.pdf 2746 Kb51
    • Beri Semangat Aparatur Peradilan, Dirjen Badilum Kunjungi Pengadilan Negeri Purwokerto

      dorongan Dari Pimpinan Merupakan Salah Satu Motivasi Bagi Aparatur Peradilan Dalam Upaya Untuk Terus Meningkatkan Kinerja Dan Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Para Pencari Keadilan. Untuk Mendukung Hal Tersebut Sekaligus Memantau Kinerja Di Pengadilan, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Melakukan Kunjungan Kerja Ke Pengadilan Negeri Purwokerto. Didampingi Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto, Rudy Ruswoyo, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto, Eddy Daulatta Sembiring, S.h., M.h. Beserta Jajaran Pejabat Dan Pegawai. Pada Kunjungan Tersebut, Dirjen Badilum Dan Dirbinganis Memantau Kinerja Pelayanan Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp), Serta Memberikan Kesempatan Untuk Berdiskusi Sekaligus Memberikan Masukan Dan Semangat Bagi Para Petugas Ptsp. Selain Itu, Dirjen Badilum Juga Memantau Kondisi Gedung, Sarana, Dan Prasarana, Serta Kinerja Pada Bagian Administrasi Dan back Office dari Pengadilan Negeri Purwokerto.






NILAI IKMNILAI IPAK
ipak-triwulan-3-2023