berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Survey Persepsi Anti Korupsi , Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Harian

Berita Badilum

Berita Badilum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Hasil Fit And Proper Test Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ii Gelombang Iii T.a. 2022

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      hasil Fit And Proper Test Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ii Gelombang Iii T.a. 2022.pdf 31 Kb121
    • Kegiatan Uji Kelayakan Dan Kepatutan Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ii Gelombang Iii Tahun 2022

      untuk Memastikan Bahwa Para Ketua Dan Wakil Ketua Di Pengadilan Negeri Merupakan Pimpinan Yang Memiliki Kemampuan Dan Integritas Tinggi, Maka Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Secara Rutin Mengadakan Kegiatan Uji Kepatutan Dan Kelayakan Bagi Calon Pimpinan Ini. Kali Ini Ditjen Badilum Menyelenggarakan Seleksi Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ii Gelombang Iii Tahun Anggaran 2022 Yang Dilaksanakan Secara Daring (online) Pada Senin S.d. Kamis, 19-22 September 2022.

      sebanyak 73 (tujuh Puluh Tiga) Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Diuji Kemampuannya Dan Pengetahuannya Dari Satker Masing-masing, Degan Materi Meliputi: Visi, Misi, Wawasan Dan Integritas; Kemampuan Teknis Hukum; Administrasi Dan Layanan Peradilan; Manajerial / Kepemimpinan Dan Kode Etik Dan Pedoman Perilaku Hakim (pph).

      hasil Kegiatan Ini Dapat Dilihat Di: https://badilum.mahkamahagung.go.id/berita/pengumuman-surat-dinas/3777

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Melakukan Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Tegal

      dalam Rangka Memastikan Kinerja Aparatur Pengadilan Negeri Dengan Baik, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, Sh, Mh Melakukan Inspeksi Dan Kunjungan Pada Pengadilan Negeri Tegal Pada Hari Senin, 19 September 2022.

      dalam Kesempatan Itu Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Menyampaikan Kepada Jajaran Pengadilan Negeri Tegal Yang Dipimpin Oleh Ketua Pn Tegal  Hj. Toetik Ernawati, Sh, Mh Bahwasannya Kinerja Satuan Kerja Dapat Dilihat Dari Kepatuhan Dalam Mengimpelentasikan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (sipp). Untuk Itu Dirjen Badilum Melakukan Monitoring Dan Penilaian Secara Berkala.

      kepada Satuan Kerja Yang Mendapatkan Nilai Tertinggi Diberikan Penghargaan Setiap Bulannya Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dengan Berbagai Aplikasi Yang Memudahkan Pelayanan Harus Diterapkan Dengan Baik. E-court, E-litigasi Untuk Perkara Perdata Dan Yang Paling Terbaru Adalah E-berpadu Untuk Perkara Pidana Harus Terus Dioptimalkan Dalam Mendukung Peradilan Modern.

    • Bimbingan Teknis Antar Penegak Hukum Di Bengkulu

      dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pengadilan Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bengkulu, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Bimbingan Teknis Antar Penegak Hukum Pada Tanggal 12 September Sampai Dengan Tanggal 15 September 2022 Bertempat Di Hotel Mercure, Acara Tersebut Dihadiri Oleh Bapak Bambang Myanto, S.h., M.h., Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dengan Didampingi Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu.adapun Peserta Berjumlah 52 Orang Hakim Dari Pengadilan Negeri Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bengkulu.adapun Yang Menjadi Pembicara Dalam Kegiatan Ini Adalah1. Dr. Lucas Prakoso, S.h., M.h. (direktur Tenaga Teknis Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum)2. Tomika N S. Patterson (resident Legal Advisor, Us Departement Of Justice United State)3. Muhammad Salahuddien Manggalanny St, Mm, M. Kom (deputy Operation Security Csirt.id Dan Peneliti Utama Dan Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Internet Development Institute)4. Kombes (pol) Dodi Rukyatman, S.i.k, Sh (ditreskrimsus Polda Bengkulu)

    • Sapa Pengadilan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dengan Pengadilan Tinggi Jayapura Dan Pengadilan Negeri Di Wilayahnya

      untuk Menjalin Komunikasi Dan Mengetahui Kondisi Pelaksanaan Pelayanan Pada Pencari Keadilan Di Daerah, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Secara Rutin Melaksanakan Kegiatan Sapa Pengadilan Secara Online Kepada Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Berbagai Daerah.

      pada Hari Kamis, 15 September 2022, Kegiatan Sapa Pengadilan Dilakukan Dengan Pengadilan Tinggi Jayapura Beserta Pengadilan Negeri Di Bawahnya Yang Berada Di Provinsi Papua Dan Papua Barat. Bertempat Di Command Center Ditjen Badilum, Kegiatan Ini Dipimpin Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambamg Myanto, S.h., M.h. Didampingi Oleh Sekretaris Ditjen Badilum, Drs. Wahyudin, M.si., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Dr. Lucas Prakoso, Sh, M. Hum, Dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, Sh, Mh Yang Hadir Secara Online.

      hadir Dalam Kegiatan Ini Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, Asli Ginting, Sh, Mh, Didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Aroziduhu Waruwu Sh, Mh Beserta Para Hakim Tinggi, Ketua Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri, Panitera, Sekertaris Dan Pegawai Lain Pada Pengadilan Negeri Di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Jayapura.

      satuan Kerja Pengadilan Negeri (pn) Yang Mengikuti Kegiatan Ini Adalah: Pn Jayapura, Pn Merauke, Pn Wamena, Pn Timika, Pn Nabire, Pn Serui, Pn Biak, Pn Manokwari, Pn Sorong, Pn Fakfak Dan Pn Kaimana.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mengikuti Sosialisasi Aplikasi E-berpadu

      pada Hari Rabu, 14 September 2022, Mahkamah Agung Republik Indonesia Mengadakan Sosialisasi Aplikasi Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-berpadu). Kegiatan Ini Dilaksanakan Secara Online Dan Dibuka Langsung Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri,  Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h. Kegiatan Sosialisasi Dihadiri Oleh Para Jajaran Eselon I Pada Mahkamah Agung Ri Dan Satuan Kerja Dari 4 (empat) Lingkungan Peradilan.

      pada Kegiatan Ini Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, Sh, Mh Memberikan Sambutan Sekaligus Meminta Satuan Kerja, Terutama Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Yang Menjadi Pilot Project, Untuk Dapat Menerapkan Aplikasi Sebagai Upaya Mewujudkan Peradilan Yang Modern.

      aplikasi E-berpadu Adalah Integrasi Berkas Pidana Antar Penegak Hukum Untuk Layanan Permohonan Izin Penggeledahan, Izin Penyitaan, Perpanjangan Penahanan, Penangguhan Penahanan, Pelimpahan Berkas Pidana Elektronik, Permohonan Penetapan Diversi, Izin Besuk Tahanan Online Oleh Masyarakat Tanpa Harus Datang Ke Pengadilan.

    • Penilaian Lomba Tahap Ii Pada Pengadilan Di Wilayah Pengadilan Tinggi Yogyakarta

      pada Tanggal 6-8 September 2022, Tim Dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Melakukan Penilaian Terhadap Pengadilan Yang Lolos Tahap Ii Pada Beberapa Kategori Lomba Yang Diadakan Oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Tim Penilaian Dipimpin Oleh Kepala Bagian Umum, Sukatno, S.h. Adapun Daftar Pengadilan Yang Dinilai Beserta Lomba Yang Diikuti Adalah Sebagai Berikut:

      pn Yogyakarta :lomba Ptsplomba Keterbukaan Informasi Publik Lomba Prodeo /pembebasan Biaya Perkara

      pn Wates : Lomba Ptsplomba Keterbukaan Informasi Publik

      pn Wonosari : Lomba Ptsplomba Keterbukaan Informasi Publik Lomba Administrasi Keuangan Perkara

      pn Sleman :lomba Administrasi Keuangan Perkara

      pn Bantul :lomba Administrasi Keuangan Perkara

    • Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu Pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dan Pengadilan Negeri Sleman

      pada Tanggal 7-9 September 2022 Telah Dilaksanakan Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu (apm) Oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Terhadap Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dan Pengadilan Negeri Sleman. Tim Dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dipimpin Oleh Kepala Bagian Umum, Sukatno, S.h. Selain Itu, Surveilans Pada Pengadilan Negeri Didampingi Oleh Asesor Dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Eddy Ristianto, S.h., M.h. Dan Suprabowo, S.h., M.h. Kegiatan Ini Bertujuan Untuk Memelihara Apm Pada Masing-masing Satker Dan Memastikan Kualitas Pelayanan Yang Baik Bagi Para Pencari Keadilan.

    • Pengajian Rutin Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Tanggal 08 September 2022

    • Piagam Penghargaan Eis Periode Agustus 2022

      piagam penghargaan Eis Periode Agustus 2022 Dapat Diunduh Pada Link Berikut :

      https://s.id/piagameisagustus2022

    • Pemberian Piagam Eis Periode Agustus 2022 Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum

      kepada Pengadilan Negeri Dengan Nilai Pada Evaluasi Implementasi Sipp (eis) Tertinggi, Pada Setiap Bulan Diberikan Piagam Penghargaaan Dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri. Untuk Penilaian Periode Agustus 2022, Pemberian Penghargaan Dilakukan Pada Hari Kamis, 08 September 2022.

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, Sh, Mh Didampingi Sekretaris Ditjen Badilum, Drs. Wahyudin, M.si., Dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Zahlisa Vitalita, Sh., Mh. Memberikan Penghargaaan Sebagai Bentuk Apresiasi Kepada Stuan Kerja Pengadilan Negeri Yang Telah Melaksanakan Pengelolaan Perkara Dengan Baik. Penghargaan Untuk Periode Agustus 2022 Diberikan Kepada:

      pengadilan Negeri Kelas Ia Dengan Perkara Diatas 2000 Dengan Nilai Implementasi Sipp Tertinggi:

      1. Pengadilan Negeri Blitar2.pengadilan Negeri Tanjung Karang3. Pengadilan Negeri Malang4. Pengadilan Negeri Cibinong5. Pengadilan Negeri Denpasar

      pengadilan Negeri Kelas Ia Dengan Perkara 1001 S/d 2000 Dengan Nilai Implementasi Sipp Tertinggi:

      1. Pengadilan Negeri Tulungagung2. Pengadilan Negeri Bengkulu3. Pengadilan Negeri Sungguminasa4. Pengadilan Negeri Mataram5. Pengadilan Negeri Lubuk Linggau

      pengadilan Negeri Kelas Ia Dengan Perkara S/d 1000 Dengan Nilai Implementasi Sipp Tertinggi:

      1. Pengadilan Negeri Kendari2. Pengadilan Negeri Sragen3. Pengadilan Negeri Klaten4. Pengadilan Negeri Tasikmalaya5. Pengadilan Negeri Banda Aceh

      pengadilan Negeri Kelas Ib Dengan Perkara 1001 S/d Diatas 2000 Dengan Nilai Implementasi Sipp Tertinggi:

      1. Pengadilan Negeri Sampit2. Pengadilan Negeri Kisaran3. Pengadilan Negeri Bangil4. Pengadilan Negeri Baturaja5. Pengadilan Negeri Jombang

      pengadilan Negeri Kelas Ib Dengan Perkara 501 S/d 1000 Dengan Nilai Implementasi Sipp Tertinggi:

    • Pembaharuan Anggota Satgas Sipp Pengadilan Tinggi Ke-2 Tahun 2022

      kepada Ketua Pengadilan Tinggi

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      pembaharuan Satgas Sipp Pt - 2022 -_sign.pdf 287 Kb17
    • Penyerahan Beasiswa Dharmayukti Karini Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      pada Hari Rabu, 8 September 2022 Telah Dilakukan Penyerahan Beasiswa Dharmayukti Karini Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Beasiswa Untuk Membantu Biaya Pendidikan Ini Diserahkan Kepada Pegawai Cleaning Service Dan pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (ppnpn) Yang Membutuhkan. 

      penyerahan Beasiswa Diberikan Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Didampingi Istri, Ibu Nuruli Mahdilis, S.h, M.h., Beserta Dengan Sekretaris Ditjen Badilum Drs. Wahyudin M.si.  Dan Ibu Ikho Lucas Prakoso, Istri Dari Dr. Lucas Prakoso, S.h. M. Hum (direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum).

    • Penilaian Reformasi Birokrasi Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Oleh Kementerian Panrb

      pada Hari Rabu, 07 September 2022, Telah Dilaksanakan Penilaian Atas Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun Anggaran 2022 Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Oleh Kementerian Panrb. Dalam Kegiatan Ini, Dilakukan Penilaian Oleh Tim Evaluator Kementrian Pan Rb Terhadap 8 (delapan) Area Perubahan Dalam Reformasi Birokrasi Meliputi: Manajemen Perubahan, Deregulasi Kebijakan, Penataan Dan Penguatan Organisasi, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen Sdm. Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan Dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Penilaian Dilakukan Secara Online (daring).

      pada Penilaian Ini Pokja Reformasi Birokrasi Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dipimpin Langsung Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, Sh, Mh Didampingi Sekretaris Ditjen Badilum, Drs. Wahyudin, M.si., Dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Zahlisa Vitalita, Sh., Mh. Ditjen Badilum Merupakan Salah Satu Satuan Kerja Di Mahkamah Agung Ri Yang Dipilih Oleh Kementerian Panrb Untuk Dilakukan Uji Petik Untuk Tahun Anggaran 2022 Ini.

    • Pemanggilan Peserta Fit And Proper Test Klas Ii Gelombang Iii Tahun 2022

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      73 Peserta 1. Surat Pemanggilan Peserta Fit Pn Klas Ii Gel. Iii Daring Online 2022_sign.pdf 422 Kb121
    • Daya Serap Anggaran Sidang Di Luar Gedung Pengadilan

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      daya Serap Anggaran Sidang Di Luar Gedung Pengadilan.pdf 652 Kb43
    • Pemberian Piagam Eis Periode Agustus 2022

       yth. 1. Ketua Pengadilan Tinggi Se-indonesia

              2.ketua Pengadilan Negeri

                 (daftar Terlampir)

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      pemberian Piagam Eis Periode Agustus 2022 172 Kb94
    • Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengikuti Rapat Persiapan Evaluasi Pelaksaan Reformasi Birokrasi Di Mahkamah Agung Ri

      pada Hari Senin, 05 September 2022, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Turut Mengikuti Rapat Untuk Mempersiapkan Evaluasi Pelaksaan Reformasi Birokrasi Di Mahkamah Agung Ri Untuk Tahun 2022, Yang Akan Dilaksanakan Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (kemenpan Rb). Rapat Ini Dilakukan Secara Daring (online) Dan Diikuti Para Koordinator Area Reformasi Birokrasi Dari Jajaran Eselon I Mahkamah Agung Ri. Rapat Ini Dibuka Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Ri, Drs. Arief Hidayat, S.h., M.m Selaku Ketua Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung Ri. Dalam Rapat Ini, Peserta Anggota Tim Reformasi Birokrasi Dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dipimpin Oleh Sekretaris Ditjen Badilum Drs. Wahyudin, M.si. Dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, Sh, Mh.

    • Eis Periode Bulan Agustus Tahun 2022

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      eis Agustus 2022 447 Kb181
    • Pengajian Rutin Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      pada Tanggal 1 September 2022 Telah Dilaksanakan Pengajian Rutin Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Dibuka Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Drs. Wahyudin, M. Si., Pengajian Diikuti Oleh Pejabat Dan Pegawai Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dan Dilaksanakan Di Ruang Command Center Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Pengajian Diisi Dengan Pembacaan Surat Yasin, Tahlil, Tahmid, Dan Doa Bersama Yang Dipimpin Oleh Kepala Sub Bagian Anggaran Dan Perbendaharaan, Lukman Hakim, S.e.

       






NILAI IKMNILAI IPAK
ikm-triwulan-2-2022 ipak-triwulan-2-2022