berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Survey Persepsi Anti Korupsi , Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Harian

Berita Badilum

Berita Badilum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Pimpin Pengangkatan Dan Sumpah Jabatan Pns Baru Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      reformasi Birokrasi Telah Membawa Perubahan Pada Sistem Pemerintahan Yang Berjalan Saat Ini, Salah Satunya Adalah Mengenai Penilaian Berbasis Kinerja. Kinerja Merupakan Dasar Dalam Penentuan Promosi Dan Mutasi Dari Pegawai Negeri Sipil. Hal Ini Pula Yang Disampaikan Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Melalui Sambutan Yang Diberikan Pada Kegiatan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Dan Sumpah Jabatan Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Hari Selasa, Tanggal 7 Februari 2023. Bertempat Di Ruang Command Center Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Dan Sumpah Jabatan Atas Nama Vebryani Kusumawati, A. Md. Kb. N. Dihadiri Oleh Para Pejabat Eselon Iii Beserta Saksi Dan Rohaniawan. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Juga Berpesan Kepada Pegawai Yang Diambil Sumpahnya Untuk Dapat Beradaptasi Dan Bekerja Sama Dengan Pegawai Lainnya Untuk Berkontribusi Bagi Lembaga Dan Terus Meningkatkan Kinerjanya Sebagai Pegawai Negeri Sipil.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Ikut Bagian Dalam Sidang Paripurna Khusus Ma Ri Pemilihan Wakil Ketua Ma Ri Bidang Yudisial

      sebuah Keniscayaan Jika Sebuah Jabatan Yang Diemban Memiliki Permulaan Dan Akhir. Hal Ini Juga Terjadi Pada Jabatan Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri, Yang Sebelumnya Dipegang Oleh Yang Mulia Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.h., M.h. Yang Kini Telah Memasuki Masa Purnabakti. Untuk Mengisi Kekosongan Tersebut, Mahkamah Agung Ri Melaksanakan Sidang Paripurna Khusus Dalam Rangka Pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial Yang Dilaksanakan Pada Hari Selasa, Tanggal 7 Februari 2023. Bertempat Di Ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, S.h., Gedung Mahkamah Agung Ri, Kegiatan Ini Diselenggarakan Dengan Baik Oleh Panitia Pemilihan Yang Bertanggung Jawab Terhadap Pelaksanaan Kegiatan. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Ikut Bagian Dalam Kegiatan Ini Sebagai Anggota Panitia Pemlihan Bersama Dengan Pejabat Eselon I Lainnya Di Lingkungan Mahkamah Agung Ri. Pada Pemilihan Ini, Terdapat Empat Orang Calon Wakil Ketuan Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial, Yaitu: Yang Mulia Dr. H. Sunarto, S.h., M.h., Yang Mulia Dr. H. Yulius, S.h., M.h., Yang Mulia Prof. Dr. Surya Jaya, S.h., M.hum., Dan Yang Mulia Dr. H. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., M.m. Terdapat Total 44 Hakim Agung Yang Memberikan Suaranya Dalam Pemilihan Ini Dan Yang Mulia Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Terpilih Sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Ri Bidang Yudisial. Yang Mulia Dr. H. Sunarto, S.h., M.h. Menyampaikan Rasa Syukur Dan Terima Kasih Atas Amanah Yang Telah Diberikan Dan Akan Berusaha Untuk Berkontribusi Lebih Besar Lagi Bagi Lembaga Untuk Mewujudkan Badan Peradilan Yang Agung, Serta Memohon Kritik Dan Koreksi Jika Terdapat Kekhilafan Yang Mungkin Terjadi Dalam Menjalankan Amanah Yang Diberikan.

    • Pengumuman Lomba Bagi Satuan Kerja Di Lingkungan Peradilan Umum Tahun 2023

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      203_dju_hm02_3_2_2023 694 Kb11
    • Pemanggilan Peserta Seleksi Uji Kepatutan Dan Kelayakan Bagi Calon Pimpinan Pengadilan Negeri Klas Ii Tahun 2023

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      1. Surat Pemanggilan Peserta Fit Pn Klas Ii Daring Online 2023_sign.pdf 468 Kb18
    • Pengumuman Hasil Uji Kelayakan Dan Kepatutan Calon Panitera Pengadilan Negeri Kelas I.b, Kelas I.a Dan Pengadilan Tinggi

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      tayang Fit 2023.pdf 122 Kb174
    • Pelaksanaan Kegiatan Konsolidasi Dan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Dipa 005.03 Semester Ii Tahun Anggaran 2022 Unaudited Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

      pada Hari Rabu Tanggal 1 Februari 2023 Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Melaksanakan Kegiatan konsolidasi Dan Rekonsiliasi Laporan Keuangan Dipa 005.03 Semester Ii Tahun Anggaran 2022 Unaudited Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Yang Bertempat Di Hotel Four Points Batam. Di Kegiatan Ini Sekretaris Jenderal Badan Peradilan Umum Selaku Kuasa Pengguna Anggaran/barang Menyampaikan Bahwa, Tujuan Kegiatan Ini Adalah Untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Mahkamah Agung. Suksesnya Laporan Keuangan K/l Khususnya Mahkamah Agung Harus Ada Sinergi Berkelanjutan Antara Satuan Kerja Dengan Korwil, Pembina Eselon I, K/l Hingga Mitra Kerja Eksternal. Dengan Adanya Pelaksanaan Kegiatan Ini Seluruh Satker Diharapkan :

      Mampu Menyusun Laporan Keuangan Yang Akuntabel; Memastikan Permasalahan Pada Lkkl Semester I Dan Tw Iii Tahun 2022 Telah Ditindaklanjuti; Menindaklanjuti To Do List, Monitoring Dan Daftar/rincian Pada Aplikasi Monsakti; Melakukan Telaah Mulai Dari Tingkat Satker, Wilayah, Eselon I, Hingga K/l; Mengimplementasikan Pengendalian Inter Atas Pelaporan Keuangan (pipk); Menindaklanjuti Temuan Bpk Terhadap Lkkl Tahun 2021; Melakukan Sinergi Bersama Aparat Pengawas Intern Pemerintah Dalam Menjaga Penyajian Lkkl.

      sehingga Mahkamah Agung R.i. Mampu Mempertahankan Opini Wtp Yang Ke 11.

    • Tunjukan Kekompakan Dan Sportivitas, Ditjen Badilum Fc Ikuti Asn Cup 2023 Melawan Mahkamah Agung Fc

      sebagai Bentuk Kegiatan Pembinaan Jasmani, Olahraga Merupakan Hal Yang Penting Untuk Dilakukan Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat. Salah Satu Bentuk Olahraga Yang Cukup Populer Adalah Sepak Bola. Olahraga Ini Menjunjung Tinggi Kerja Sama, Kekompakan, Dan Sportivitas, Hal Ini Pula Yang Ditunjukkan Oleh Ditjen Badilum Fc, Perwakilan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Pada Saat Mengikuti Turnamen Asn Cup Mahkamah Agung 2023. Pada Tanggal 28 Januari 2023, Tim Ditjen Badilum Fc Berkesempatan Menghadapi Mahkamah Agung Fc Pada Pertandingan Pembuka. Sebelum Pertandingan Dimulai, Turnamen Dibuka Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Yang Mulia dr. Andi Samsan Nganro, S.h., M.h.  Bertempat Di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Tim Ditjen Badilum Fc Bermain Dengan Kompak Dan Menunjukkan Sportivitasnya Dalam Melawan Tim Dari Mahkamah Agung Fc. Selain Kedua Tim Tersebut, Turnamen Ini Juga Diikuti Oleh Perwakilan Tim Dari Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Pengadilan Negeri Bekasi, Pengadilan Negeri Cikarang, Dan Pengadilan Negeri Karawang.

    • Jamin Kualitas Dan Integritas, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Lakukan Uji Kepatutan Dan Kelayakan Bagi Panitera Pengadilan Negeri Kelas Ib, Ia Dan Pengadilan Tinggi

      panitera Memiliki Peran Yang Penting Dalam Jalannya Penanganan Perkara Di Pengadilan. Demi Memastikan Kualitas Dan Integritas Dari Panitera Dalam Proses Promosi Dan Mutasi Yang Dilakukan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Menyelenggarakan Proses Seleksi Uji Kepatutan Dan Kelayakan Atau fit And Proper Test terhadap Panitera Pada Pengadilan Negeri Kelas Ib, Ia, Dan Pengadilan Tinggi Pada Hari Senin Hingga Rabu, 30 Januari S.d. 1 Februari 2023. Bertempat Di Ruang command Center Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kegiatan Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Didampingi Oleh Penguji Lainnya, Yaitu Sugiyanto, S.h. (kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung Ri), Drs. Wahyudin, M.si. (sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum), Dr. Lucas Prakoso, S.h., M.hum. (direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum), Dan Zahlisa Vitalita, S.h., M.h. (direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum). Materi Yang Diujikan Di Antaranya:

      Kepemimpinan Dan Integritas; Kemampuan Teknis Hukum Dan Peradilan;  Kode Etik Dan Pedoman Perilaku Panitera; Dan Administrasi Dan Layanan Peradilan.
    • Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      135_dju_ot_01_3_1_2023 247 Kb2
    • Kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif Secara Online (daring)

      rabu, 25 Januari 2023,

      dilaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif Secara Online (daring) Selama 3 Hari Dari Tanggal 25 S.d. 27 Januari 2023 Di Lingkungan Badan Peradilan Umum Tahun 2023.

      acara Ini Resmi Di Buka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak H. Bambang Myanto, Sh.,mh. Kegiatan Ini Di Hadiri 40 Peserta Hakim Wilayah Pengadilan Tinggi Sulawesi Barat, Dan Wilayah Pengadilan Kalimantan Utara.

      direktur Pembinaan Tenaga Teknis Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Ini Berharap Agar Restoratif Justice Pada Badan Peradilan Umum Yang Juga Termasuk Program Nasional Agar Dilakukan Serta Di Pertanggung Jawabkan Secara Keseluruhan.

      narasumber Pada Kegiatan Ini Dihadiri Oleh Wakil Akademisi (ibu Dr.eva Ahjani Zulfa.,s.h.,m.h),kejaksaan (ibu Dr.erni Mustikasari.,s.h.,m.h), Dan Wakil Pengadilan Tinggi Pekanbaru (ibu Dr.hj.diah Sulastri Dewi,s.h.,m.h).

    • Persiapkan Satuan Kerja Meraih Wbk Dan Wbbm, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kerja Sama Dengan Badan Pengawasan Berikan Pembekalan Pembangunan Zona Integritas

      pelaksanaan Reformasi Birokrasi Merupakan Salah Satu Amanat Bagi Lembaga Pemerintahan Untuk Memberikan Pelayanan Publik Yang Berkualitas Dan Menciptakan Birokrasi Yang Bersih Dan Akuntabel Salah Satu Bentuk Pelaksanaannya Adalah Melalui Pembangunan Zona Integritas Yang Konsisten Dan Berkelanjutan. Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Sebagai Lembaga Yang Menaungi Pengadilan Di Lingkungan Peradilan Umum Memiliki Fungsi Pembinaan. Oleh Karena Itu, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Bekerja Sama Dengan Badan Pengawasan Mahkamah Agung Ri Memberikan Pembekalan Dan Pendampingan Persiapan Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (pmpzi) Secara Daring Pada Hari Rabu, 25 Januari 2023. Bertempat Di Ruang Command Center Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kegiatan Ini Dibuka Oleh Sambutan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Dengan Didampingi Oleh Para Pejabat Eselon Ii. Kegiatan Ini Dihadiri Oleh Pejabat Eselon Iii Dan Iv Pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Serta Perwakilan Dan Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi Di Lingkungan Peradilan Umum. Badan Pengawasan Mahkamah Agung Ri Sebagai Narasumber Menyampaikan Mengenai Poin-poin Penting Dalam Penilaian Internal. Selain Itu, Disampaikan Pula Mengenai timeline Penting Dalam Proses Pmpzi, Serta Diskusi Terkait Pertanyaan Seputar Pmpzi Yang Disampaikan Oleh Hadirin Yang Hadir Secara Daring.

    • Usulan Program Layanan Hukum Di Lingkungan Peradilan Umum

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      140_dju_hk_00_1_1_2023 360 Kb1
    • Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif Secara Online (daring) Lingkungan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun Anggaran 2023

    • Persyaratan Pelaksanaan Register Elektronik Tahap Ii Bagi Pengadilan Negeri

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      120_dju_hm02_3_1_2023 388 Kb11
    • Pemantauan Pembaruan Aplikasi Sipp Tingkat Pertama Versi 5.1.1

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      pemantauan Update Sipp 5.1.1 210 Kb27
    • Sambut Tahun 2023, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Lakukan Refleksi Kinerja Badan Peradilan Umum Tahun 2022

      evaluasi Diri Merupakan Hal Yang Penting Untuk Dilakukan Guna Mengetahui Capaian, Hambatan, Kelebihan, Dan Kekurangan Yang Dimiliki. Hal Ini Dilakukan Untuk Dapat Meningkatkan Dan Mengembangkan Diri Lebih Baik Lagi. Hal Ini Pula Yang Disadari Oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Sebagai Bentuk Pengejawantahannya, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Menyelenggarakan Refleksi Kinerja Badan Peradilan Umum Tahun 2022 Secara Daring Bersama Dengan Para Pimpinan Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Pada Hari Kamis, Tanggal 12 Januari 2023. Dipimpin Langsung Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Para Hadirin Disuguhkan Dengan Kinerja Yang Telah Dihasilkan Oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Maupun Satuan Kerja Di Bawahnya Setahun Belakangan, Seperti Pelaksanaan Uji Kepatutan Dan Kelayaan, Evaluasi Implementasi Sipp, Penerapan Register Elektronik, Penanganan Eksekusi, Dan Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif. Pada Kesempatan Ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Juga Mengajak Para Hadirin Untuk Melihat Berbagai Pencapaian Dan Invoasi Yang Telah Diluncurkan, Seperti Aplikasi Evaluasi Implementasi Sipp Eis Pt) Dan Monitoring Implementasi Sipp Pada Pengadilan Tinggi (mis Pt), Badilum infomation System (bis), Dan Aplikasi Capaian Kinerja (cakra). Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kembali Mengingatkan Akan Pentingnya Kedisiplinan, Integritas, Dan Komitmen, Apalagi Dengan Berbagai Cobaan Yang Menimpa Mahkamah Agung Akhir-akhir Ini.






NILAI IKMNILAI IPAK
ikm-triwulan-4-2022 ipak-triwulan-4-2022