berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Bengkulu

Jl. Pembangunan No. 21, Padang Harapan, Bengkulu 38225 Indonesia

Electronic Court System of Mahkamah Agung RI

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Elektronik Surat Keterangan

Komunikasi Data Nasional

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Penelusuran Perkara / Case Tracking Sistem untuk Pengadilan Tinggi

Sistem Informasi Pengawasan

Survey Persepsi Anti Korupsi , Survey Kepuasan Masyarakat dan Survey Harian

Cukup tapi tidak kaya, Melatih Mensyukuri Hidup

Cukup tapi tidak kaya, Melatih Mensyukuri Hidup

Tahun 2017, ketika saya menjabat KPN Martapura, ada jargon, yang menurut saya agak memerlukan pemikiran.

“Sayangi kantormu ini, memang dia ngga bisa bikin kamu kaya raya, tapi setidaknya dapat mencukupi kebutuhan hidup keluargamu. Saya menghela nafas lumayan dalam.”

Jargon, kalimat ini terkesan sederhana, apa adanya, tapi bagi saya tidak. Kalimat tersebut bermakna dalam sekali. Setidaknya kita sebagai warga MA, siap melayani masyarakat dengan pelayanan prima tanpa upah, pelayanan ini ikhlas dan tulus demi pengabdian kepada ibu Pertiwi.

Tak perlu kita memperkaya diri, karena memang tidak bisa kayaraya dengan gajih yang seperti ini, kalau ingin kayaraya ….ya jangan jadi pegawai MA, jadi pengusaha saja. Apalagi memperkaya diri dengan menjual, maaf, putusan. Salah-salah bisa diborgol KPK. Dengan kerja yang tulus, profesional dan berintegritas, membuat hati terasa sejuk dan tenang, menjaga Marwah dan nama baik MA, hidup ini menjadi indah dan nyaman, tanpa was2 sedikitpun, biar ada 10 KPK pun saya tidak peduli, terserah, yang ku mau dan kutahu saya harus berkerja dengan baik dan benar, meskipun tidak ada pimpinan sekalipun. Karena saya sudah ngomong berkali-kali, kita kerja bukan untuk atasan, lebih tinggi dari itu, kita bekerja adalah sebuah pengabdian yang tulus kepada lembaga ini, kepada Ibu Pertiwi dan yang paling tinggi pengabdian kepada Tuhan YME.

Sekali lagi, kantor ini, tidak mungkin bisa membikin kita kaya raya, tapi saya yakin mampu mencukupi keperluan standar hidup keluarga kita.

Sumedi, pemerhati sosial, bekerja di PT Bengkulu.




«


NILAI IKMNILAI IPAK
ipak-triwulan-3-2023